Detail Berita Kliris

Suplementasi Vitamin A dan Obat Cacing di Posyandu Desa Kliris, Boja, Kabupaten Kendal

Mahasiswa KKN MIT DR 13 Kelompok 24 turut menyukseskan kegiatan Posyandu di Desa Kliris.

Setiap bulan Februari dan Agustus setiap posyandu dan fasilitas Kesehatan lainnya membagikan vitamin A untuk semua balita. Begitu juga Posyandu di Desa Kliris yang mengadakan suplementasi Vitamin A dan Obat Cacing untuk semua bayi dan balita. Kegiatan ini dilaksanakan di 8 Dusun yaitu Dusun Krajan I, Krajan II, Krajan III, Getas, Jawu, Kalikidang, Tompak, dan Gares secara bergantian.

Tidak hanya suplementasi Vitamin A dan Obat Cacing, di Posyandu Dusun Krajan III juga diadakan cek kesehatan berupa cek tekanan darah untuk masyarakat umum pada hari Sabtu, 19 Februari 2022.

Suplementasi Vitamin A dan Obat Cacing dilaksanakan sebagai strategi penanggulangan Kurang Vitamin A (KVA) yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Pada anak balita, KVA ditandai dengan kadar serum retinol dalam darah kurang dari 20 mcg/dl yang akan mengakibatkan daya tahan tubuh anak menurun.

Pemberian suplementasi vitamin A untuk bayi (6-11 bulan) dan Anak Balita (12-59 bulan) dilakukan secara SERENTAK pada bulan Februari dan Agustus di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), fasilitas pelayanan kesehatan dan sekolah (PAUD, Taman Kanak-Kanak, kelompok bermain) dan tempat umum lainnya. Kegiatan ini diikuti dan digerakkan oleh semua unsur masyarakat.

Jika Balita sasaran tidak datang, perlu dilakukan sweeping melalui kunjungan rumah. Sweeping adalah salah satu upaya untuk menjaring sasaran dalam meningkatkan pemberian kapsul vitamin A dan dilakukan bila masih terdapat sasaran yang belum menerima kapsul vitamin A pada waktu pemberian yang telah ditentukan.

Sasaran, dosis dan frekuensi suplementasi vitamin A :

Untuk mendapatkan hasil maksimal penanggulangan KVA, suplementasi vitamin A harus terintegrasi dengan kegiatan imunisasi, penanggulangan kecacingan, campak, tatalaksana diare dan tatalaksana anak gizi buruk.

Dalam rangka pengendalian kecacingan, pemberian obat cacing dilaksanakan minimal 1 kali tiap tahun. Anak Balita minum obat yang dibagikan bersamaan dengan pemberian vitamin A di Posyandu pada bulan Agustus2 . Berikan vitamin A dulu kemudian obat cacing.

 

Oleh : Aliza Zulkham Putri

 


Dipost : 2022-03-07 16:33:37 | Dilihat : 889