Detail Berita Kliris

Peduli Kebersihan Lingkungan, Mahasiswa KKN MIT DR 13 Kelompok 24 Melakukan Kerja Bakti Bersama dengan Warga Desa Kliris, Boja

Kerja bakti merupakan kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan masyarakat sekitar dengan tujuan membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan yang dilaksanakan secara gotong royong. Di desa Kliris, kerja baksi masih sering dilaksanakan meskipun pelaksanaanya belum tentu rutin tiap minggu atau bulannya. Misalnya seperti membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar dan kegiatan lainnya.

Bertepatan hari Minggu (16/01), mahasiswa KKN Mandiri UIN Walisongo beserta warga desa Kliris melakukan kerja bakti membersihkan jalan sekitar desa. Kegiatan membersihkan jalan desa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah, rumput, dan pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, seseorang tidak akan mudah terserang penyakit.

Kebersihan lingkungan juga berpengaruh pada keindahan dan keasrian lingkungan. Partisipasi para warga dan mahasiswa KKN meningkatkan kekompakkan dalam membersihkan lingkungan.  Disinilah pentingnya kerja bakti memberisihkan lingkungan. Kerja bakti bersama dapat menumbuhkan rasa peduli dan membuat pekerjaan lebih ringan dan cepat selesai. Selain itu, lingkungan tidak akan terabaikan dan tetap bisa hidup berdampingan dengan alam yang berkelanjutan.

 

Oleh : Latifatul Istianah

*

*


Dipost : 2022-03-07 20:56:22 | Dilihat : 238