Kendal, 28 Januari 2022. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, tepatnya mahasiswa KKN MIT-DR 13 yang sedang menjalankan kegitan di Desa Kliris, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 11 Januari 2022 dan berkahir pada 24 Februari 2022. Design Branding terhadap UMKM merupakan salah satu program dari Tim KKN guna dapat meningakatkan nilai jual serta meningkatkan trafik penjualan .
Disaat ekonomi negara terganggu karena pandemi COVID-19, UMKM sangat berperan untuk menstabilkan kondisi. UMKM harus selalu didorong agar menjadi motor penggerak ekonomi negara. Bukan hanya itu, peran UMKM juga dapat menyediakan jaring pengaman untuk menjalankan kegiatan ekonomi khususnya bagi masyarakat berpengahasilan rendah.
Tidak sedikit UMKM yang memulai berjualan tanpa punya brand atau merek. Padahal adanya merek membuat pemasaran menjadi lebih mudah dalam memasarkan produk. Ibu Ngatinah mengatakan kurang memahami mengenai pemasaran, “Saya sama sekali tidak mengerti teknologi (HP), karena saya sudah tua. Saya mempunyai anak yang mengerti teknologi tetapi anak saya sibuk akan pekerjaan nya sehingga belum bisa banyak membantu saya dirumah, padahal sarana internet dan pemberian brand bisa menarik minat selama covid-19 untuk memasarkan produk krupuk saya,”jelasnya. Berdasarkan pemaparan tersebut, mahasiswa KKN UIN Walisongo mempunyai ide untuk meningkatkan trafik penjualan melalui Design Branding dan mengmbangkan produk tersebut malalui pengemasan.
Oleh Muhammad Fayaz Arroihan
Dipost : 03 Maret 2022 | Dilihat : 469
Share :