Kliris - Mahasiswa KKN MIT 56 UIN Walisongo Ajak Masyarakat Kliris Peduli Imunitas Tubuh saat Pandemi

Mahasiswa KKN MIT 56 UIN Walisongo Ajak Masyarakat Kliris Peduli Imunitas Tubuh saat Pandemi

Kliris.desa.id- Kelompok KKN MIT 56 UIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Puskesmas Wonosari menghelat Webinar Kesehatan dengan tema "Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh di Era New Normal", Jum'at (15/01/21). Sejumlah 31 peserta terdiri dari mahasiswa, pelajar, masyarakat Tompak dan peserta lainnya dengan khidmat mengikuti Webinar kali ini. Materi secara langsung dipaparkan oleh Kepala Puskesmas Wonosari, Mukti Setyawan, S.Kep.Ners dan dipandu oleh Saudara Ahmad Nasrun selaku panitia acara.

Webinar dibuka dengan pemaparan singkat mengenai data penyebaran covid-19 yang semakin tinggi oleh moderator. Mukti Setyawan melanjutkan, kurva penyebaran covid 19 tidak kunjung menurun disebabkan oleh berbagai faktor. Masyarakat semakin mengabaikan pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Ia menegaskan, ",,, jika masyarakat masih lalai dengan protokol kesehatan, dampaknya akan semakin tidak terprediksi, dalam waktu dekat bisa saja keluarga kita yang akan terpapar covid 19"

Materi dilanjutkan dengan edukasi tentang imunitas tubuh sebagai tindakan pencegah penularan virus. ",,,transmisi SARS-Cov-2 dapat terjadi melalui kontak langsung dan tidak langsung, selain 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) kita harus melindungi tubuh dari dalam", tutur beliau. Menjaga kekebalan tubuh atau imunitas menjadi salah satu pilihan dalam membendung penularan virus. Pada dasarnya tubuh manusia mempumyai antibodi alami yang berfungsi untuk mengurai bakteri jahat yang masuk.

Mukti Setyawan melanjutkan, ",,, dalam keadaan seperti ini pola hidup sehat menjadi sebuah keharusan, jika hal ini dilakukan secara kolektif penyebaran covid 19 bisa terbendung dan Pandemi bisa berakhir". Solusi ini bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan membangun sistem imun yang berfungsi mencegah bakteri jahat masuk.

Dialog antara narasumber dan peserta berlangsung asyik serta edukatif. Walaupun dihelat secara daring antusias peserta cukup tinggi. Diskusi semakin menarik ketika salah satu peserta dari UIN Walisongo, Azza Imatul Alifah menyampaikan pertanyaannya soal Vaksinasi Covid-19. Narasumber melanjutkan bahwa vaksinasi covid merupakan terobosan yang harus disambut baik oleh masyarakat.

Setelah lebih dari 90 menit berlangsung, webinar ditutup dengan testimoni oleh peserta. ",,seneng kak, ada beberapa hal yg aku gak tau tentang jaga imunitas tapi setelah ikut webinar jadi tau kak" tutur David peserta dari IRMATO (Ikatan Remaja Masyarakat Tompak). 

*

*


Dipost : 21 Januari 2021 | Dilihat : 312

Share :