Kliris - Mahasiswa KKN MIT DR 11 kelompok 56 mengajar rebana remaja al iswad

Mahasiswa KKN MIT DR 11 kelompok 56 mengajar rebana remaja al iswad

Rebana dikenal sebagai salah satu instrumen pengiring alunan musik atau syair- syair Arab. Pertama kali masuk ke Indonesia diperkenalkan oleh Habib Ali bin Muhammad bin Husain al-Habsyi. Rebana mulai menyebar dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama dalam kesenian Hadrah dan kasidah. Kesenian musik ini menjadi media dakwah Islam dan sebagai hiburan dalam peringatan hari-hari besar Islam. Dan telah menjadi budaya Islam di Indonesia.

Untuk melestarikan budaya ini, mahasiswa KKN MIT DR XI UIN Walisongo kelompok 56 mengajak anak- anak TPQ Al-Iswat untuk latihan rebana satu minggu sekali. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (17/02) bertempat di TPQ Al-Iswat. Anak- anak TPQ sangat antusias mengikuti latihan yang dimulai dari pukul 20.00 WIB ini sampai selesai, dan bahkan mereka sengaja datang lebih awal sebelum jam latihan dimulai.

"Seneng bisa latihan rebana dengan kakak-kakak KKN" kata Sakti, salah satu santri dari TPQ Al Iswat.
Menurut Sakti alasan anak-anak TPQ sangat antusias dalam latihan ini adalah karena hadirnya para mahasiswa KKN dari UIN Walisongo.
"Enak, ada seriusnya tapi juga ada bercandanya, jadi waktu latihan ngerasa seneng, nggak mbosenin, dapet ilmu baru dan ada evaluasi juga" ujar Diki, salah satu santri TPQ Al Iswat yang lain.
Menurut Diki, ia merasa senang mengikuti latihan rebana bersama mahasiswa KKN UIN Walisongo karena cara pengajarannya tidak membosankan, ada waktunya untuk bercanda tapi juga ada waktu untuk serius dalam latihan. Sehingga mendapatkan ilmu baru terkait rebana.

Acara latihan tersebut berjalan lancar sesuai rencana. Kegiatan latihan rebana disambut baik dan didukung oleh masyarakat setempat terkhusus pengasuh dan santri TPQ al Iswat. Kegiatan ini selain untuk meningkatkan kemampuan rebana juga untuk mengenalkan dan melestarikan rebana di kalangan anak muda.


Dipost : 19 Februari 2021 | Dilihat : 496

Share :

s